Mengenai Saya

Foto saya
Hargailah waktu krna bila kta menghargai waktu maka waktu akan menjadi teman kita,,, . . dan bila waktu menjadi teman kita maka hidup kta akan tenang Jika hidup kita sudah tenang maka kita akan bisa melakukan sesuatu yg berguna untuk orang lain jika bisa berguna untuk orang lain maka kita akan dapat pahala jika kita dapat pahala maka kita akan masuk surga hahahahaaaa

Sabtu, 03 Desember 2011

Apa sih algoritma ?

              Kita pasti sudah tidak asing dengan kata algoritma,algoritma merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan.  Sebenarnya Algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah, dapat dikatakan juga sebagai sebuah metode atau langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah. Secara umum masalah-masalah yang sering dihadapi adalah bagaimana cara menterjemahkan sebuah persamaan matematis ke dalam program komputer, baik menggunakan bahasa c, pascal, matlab dan lain-lain.
Algoritma juga dapat digambarkan sebagai sebuah alur cerita dari sebuah adegan, seperti memasak… Algoritma dari memasak adalah:
  1. menyiapkan bahan dapur
  2. menyiapkan perlengkapan memasak
  3. memotong bahan-bahan dapur yang akan dimasak
  4. memasak bahan-bahan dapur sampai matang
  5. jadilah masakan yang bergizi…
Tetapi menurut para aahli dan beberapa liiteratur dapat di rangkum bahwa Algoritma adalah urutan langkah langkah logis penyelesaian masalah yang diselesaikan secara logis dan sistematis.Kata logis merupakan kata kunci utama dari bahasa pemrograman algoritma ini.Itu dikarenakan setiap langkah langkah dalam algoritma haru menggunakan pemikiran logika yang logis dan harus dapat ditentukan nilai kebenaranya. Karena itu suatu Algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses.
Jadi suatu pemroses harus :
1. Mengerti setiap langkah dalam Algoritma
2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.
Mekanisme Pelaksanan Algoritma Oleh Pemroses
Komputer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer,
algoritma hasrus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program.
Jadi program adalah prwujudan atau implementasi teknis Algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrogaman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.
Ciri penting algoritma
• Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas.
• Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (Ambiguitas).
• Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan.
• Algoritma memiliki nol atau lebih keluaran.
• algoritma harus efektif (setiap langkah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam waktu yang masuk akal).

Setiap algoritma akan selalu terdiri dari tiga bagian yaitu :
a . Header (judul)
       Judul adalah bagian teks algoritma yang digunakan sebagai tempat mendefinisikan nama dengan menentukan apakah teks tersebut adalah program, prosedur, dan fungsi. Setelah judul disarankan untuk menuliskan spesifikasi singkat dari teks algoritma tersebut.Nama algoritma singkat namun cukup menggambarkan apa yang akan dilakukan oleh algoritma tersebut. Hal yang perlu diingat adalah untuk memisahkan antara kata dalam judul algoritma menggunakan tanda "_" bukanlah suatu keharusan.Anda dapat menuliskan luas lingkaran . Tetapi tidak menggunakan tanda spasi " ".
b. Kamus (Deklarasi)
        Kamus adalah bagian teks algoritma sebagai tempat untuk mendefinisikan :
1). Nama type
2). Nama konstanta
3(. Nama variable
4). Nama fungsi
5) Nama prosedur


        Semua nama tersebut dapat dipakai didalam algoritma jika telah didefinisikan didalam kamus.Penulisan sekumpulan nama dalam kamus sebaiknya dikelompokan menurut jenis nama tersebut. Nama variable belum terdefinisi nilainya ketika didefinisikan. Pendefinisian nama konstanta sekaligus memberikan nama konstanta tersebut , pendefinisian nama fungsi dilakukan sekaligus dengan domain atau range  serta spesefikasinya. Pendefinisian nama prosedur sekaligus dengan pendefinisian ( jika aada ) dan spesifikasi prosedur  ( kondosi awal "initial State" dan proses yang dilakukan ).
c. Algoritma 
         Algoritma adalah inti dari suatu algoritma yang berisi intruksi atau pemanggilan aksi yang telah didefinisikan. Komponen teks algoritma dalam suatu pemrograman dapat berupa :
1) Intruksi dasar seperti input/output , assignment.
2) sequence (runtutan )
3) Analisa kasus
4) Perulangan
         Setiap langkah algoritma dibaca dari atas kebawah . Urutan deskripsi penulisan menentukan urutan langkah pelaksanaan perintah.

Tidak ada komentar:

UNIVERSITY

UNIVERSITY